Pot beton tentunya bukan sesuatu yang asing di telinga masyarakat luas. Bisa dibilang pendahulu dari pot model terbaru yang ada di zaman sekarang. Sebab, sejak ratusan tahun silam oran telah menggunakan nya sebagai salah satu tempat bercocok tanam. Seiring pergantian masa ke masa, media untuk tanaman hias atua bunga kembang ini terus mengalami perubahan bentuk menjadi lebih bagus. Tak pelak, nilai jual beli di pasaaran pun turut menanjak. Lantas, dimana kita bisa menemukan tempat pembuatan pot semen beton dengan harga friendly di Jabotabek? Perihal harga jual pot beton bukanlah ketetapan pasti. Mahal atau murah harga suatu benda bersifat relatif, tergantung pada daya beli konsumen itu sendiri.

Namun, sudah pasti konsumen berharap bisa mendapatkan harga di bawah rata-rata. Apalagi yang ingin membeli dalam jumlah besar. Menepilah ke sanggar-sanggar (showroom) pengrajin pot dari bahan beton semen yang cukup banyak tersebar di kawasan Jabodetabek. Di sana konsumen bisa mendapatkan harga pot tanaman dari bahan material beton yang lebih murah karena langsung dari pengrajin selaku tangan pertama. Harga pasti mengalami kenaikan sekian persen ketika pot semen tersebut telah masuk toko/galeri atau dipasarkan oleh pihak kedua.

gambar jual pot beton

harga pot beton

harga jual pot beton

Persaingan Harga Pot Beton Dengan Produk Sejenis

Tak dipungkiri, produk media tanaman berbahan fiber atau plastik telah menggeser pot lain dari panggung kejayaan. Namun, bukan berarti total kehilangan peminat. Faktanya, industri produk ini masih bertahan hingga sekarang. Sebagian pedagang atau pengrajin justru bernasib baik menggeluti bisnis ini karena mampu mendulang laba cukup besar dari nilai jual pot  berbahan beton. Antusias masyarakat terhadap produk media untuk tanaman ini memang tidak sesemarak dulu, tapi permintaan konsumen selalu ada hampir setiap waktu sehingga produksi bisa terus berjalan. Geliat industri ini tak pernah padam menjadi satu alasan para pengrajin tetap bertahan menggelutinya. Bahkan menariknya tak jarang penjual harus memenuhi permintaan dari pasar luar negeri pula.

Sebagai produk ekspor, harga pot semen beton di luar negeri jelas berlipat-lipat kali lebih mahal daripada di sini. Untuk satu kontainer dengan nilainya mencapai ratusan juta. Sementara Indonesia bisa mengekspor hingga ratusan kontainer ke negara lain seperti Amerika, Jepang, Singapura, Australia, Malaysia, dan beberapa negara di Benua Eropa. Jika laba harian penjualan di dalam negeri saja bisa mencapai ratusan ribu rupiah, maka laba dari ekspor tentu lebih menggiurkan lagi

Daya Tarik Pot Beton Semen

Bersaing dengan produk lainnya tak membuat pot semen kehilangan daya tarik. Sebagian konsumen tetap menjatuhkan pilihan pada produk ini dengan sejumlah alasan. Sebuah keputusan bijak mengingat keunggulan nya memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa contoh keunggulannya, yakni:

  • Kualitasnya jauh lebih kuat dibanding pot tanah liat atau Semen memang bukan material paling awet untuk sebuah pot, namun semua pasti setuju bahwa ketahanan beton semen bisa sampai bertahun-tahun lamanya. Beton semen mampu menahan tekanan benda padat di dalamnya, sehingga tidak gampang retak atau terbelah.
  • Mudah menyerap air merupakan keunggulan lain selain nilai jual pot  beton yang relatif murah sekaligus jadi daya tarik di mata konsumen. Sebagai media untuk bertanam, idealnya perlu disertai lubang di bagian bawah atau pori-pori untuk menyerap air. Jika tidak akar tanaman pasti akan membusuk karena kondisi tanah selalu basah. Lubang ini bertujuan untuk membuang kelebihan air saat tanaman disiram atau terkena hujan. Selain itu, belum banyak tahu  bahwa pot terbuat dari beton semen punya pori-pori mikro yang mampu meresap butiran air sehingga kelembaban dan suhu tanah terjaga dengan baik.

 

Design Bentuk Yang Flexible

  • Cocok untuk segala jenis tanaman. sebetulnya sangat menguntungkan karena bisa digunakan untuk jenis tanaman apa saja. Jadi sudah pasti akan selalu dibutuhkan konsumen. Beberapa jenis tanaman memiliki akar tunggang (akar besar dan kuat). Dalam pertumbuhannya, akar tanaman ini dapat menekan dinding hingga mengakibatkan retak atau terbelah. Jadi, pemilihan wadah untuk bertanam sudah harus dipertimbangkan sejak awal. Model plastik, tanah liat, fiberglass, maupun porselen ternyata bukan wadah ideal untuk menampung tanaman berakar tunggang. Namun bahan material beton semen justru bisa jadi solusi terbaik.
  • Rata-rata harga pot beton nilai jualnya terjangkau. Dengan ketahanan yang kuat serta harga bersahabat, terang saja produk ini akan terus disukai.

 

Langkah-Langkah Pembuatan 

Pada dasarnya, proses pembuatan pot tidaklah terlalu rumit. Kerumitan baru timbul ketika kita menghendaki sebuah model tidak standar. Penambahan aksen di sana-sini menuntut keterampilan khusus, kesabaran, serta ketelitian dari seorang pengrajin. Hal Itu kemudian menjadi salah satu faktor penentu murah atau mahalnya harga jual pot beton semen di pasaran. Jika Anda tertarik dan bermaksud mencoba membuat pot sendiri, cobalah mengikuti langkah-langkah dasar pembuatannya berikut ini.

  • Langkah pertama diawali dengan menyiapkan 2 buah cetakan yang model/bentuknya sama namun ukurannya berbeda. Selisih ukuran dari kedua cetakan minimal 5 cm. Jika kurang daripada itu jadi terlalu tipis. Sebagai contoh, untuk ukuran setinggi 60 cm tebal idealnya harus 7,5 cm. Cetakan bisa terbuat dari styrofoam, kardus, kaca, plastik, atau stainless steel.
  • Pastikan pakai cetakan tidak berlubang. Lumuri cetakan dengan minyak tanah, oli, atau bensin supaya adonan pot yang telah dicetak mudah dikeluarkan. Jangan lupa pada bagian dasar cetakan taruh batu-batu untuk jalur keluar air.
  • Sisihkan cetakan sembari Anda menyiapkan adonan pot. Guna memudahkan Anda, gunakan beton instant dengan komposisinya sudah terdiri atas semen, pasir, dan sebagainya. Jadi Anda tidak perlu sulit menambahkan komponen lain. Tuang beton instant tadi ke dalam ember lalu tambahkan air hingga mencapai konsistensi adonan sesuai petunjuk di label semen instant.

Penawaran Promo Harga Pot Beton

Penawaran harga jual pot semen beton design klasik buatan sanggar arimata. Kami tampilkan beberapa photo contoh design klasik yang pernah di kerjakan di berbagai proyek. Mulai ukuran kecil sampai pada ukuran besar. Ada di tempatkan pada halaman bagian luar. Pada umumnya benda ini di pergunakan sebagai media tanaman hias di tempatkan pada bagian halaman luar / outdoor. Pot klasik suddah banyak di pergunakan,bahkan kita belum lahir saja, Ini sudah ada sejak zaman dahulu. Banyak kota kota besar di Eropa di hiasi dengan pajangan berdisign klasik. Di Eropa KIta dapat melhat bangunan kastil atau istana sangat indah anggun menarik. Zaman dahulu hanya kaum bangsawan saja yang meimiliki ornamen kalsik yang anggun cantik

Sebagai gambaran harga jual pot beton semen di pusat-pusat pengrajin ini dimulai dari 100 ribu hingga jutaan rupiah. Selain memperoleh harga yang lebih murah, konsumen juga boleh memesan sesuai model sendiri atau dikenal dengan istilah custom order. Tapi yang pasti harganya akan berbeda lagi. Disesuaikan dengan tingkat kerumitan dari model yang konsumen inginkan. Ya, pot semen beton memang bisa didesain beraneka rupa dan dimensi beragam. Ada yang berdesain klasik, minimalis, hingga etnik. Jangan kaget, khusus untuk design model klasik Eropa ala bangsawan punya harganya memang jauh melampaui model lain. Hal tersebut dikarenakan aksen pada model klasik lebih detail sehingga pengerjaannya lebih rumit. Butuh skill khusus dan ketelitian tingkat tinggi dalam membuat guratan-guratan (relief) pada badan pot serta pengecatan agar keseluruhannya tampak rapi.

Menentukan Harga Dan Kualitas Produk Pot Tanaman Hias

Tersedia dalam berbagai variasi model yang tak terhingga. Saking banyaknya, sampai-sampai sering bikin konsumen kalap membeli. Apalagi rata-rata harga jual pot semen beton cukup terjangkau. Akan tetapi, membeli pot sebetulnya harus selektif. Sebab salah memilih, bukan hanya berdampak pada kelangsungan hidup tanaman, tapi juga masa pakai serta nilai estetika itu sendiri nantinya. Supaya tidak sia-sia, coba terapkan tips berikut ini terlebih dahulu sebelum membeli

  • Pertimbangkan harga pot beton berdasarkan dimensi panjang lebar tinggi maupun diamter nya. Ukuran harus seimbang dengan ukuran tanaman. Untuk tanaman berbuah dengan tanaman hias tidak selalu bisa disamakan. Jika ukuran kekecilan, maka proses pertumbuhan tanaman akan terhambat. Buah atau bunga dihasilkan jadi sedikit. Penggunaan berukuran terlalu besar juga bukan pilihan cerdas. Jika kebesaran, maka tanaman “kewalahan” dalam menyerap unsur hara di sekitarnya. Tanaman jadi rentan busuk karena kandungan air tidak terserap dengan baik oleh tanaman akan menggumpal di lapisan bawah.
  • Ketahui bahan pot digunakan. Jarang sekali konsumen mempertimbangkan bahan dengan jenis tanaman akan ditanam. Padahal tumbuh kembang tanaman juga dapat dipengaruhi oleh bahan pembuatannya. Contohnya, produk dari gerabah atau tanah liat lebih ideal untuk anggrek dan kaktus. Sebab bahan ini memiliki sifat poros sehingga cenderung membuat tanah gampang mengering. Nah, anggrek dan kaktus adalah dua contoh jenis tanaman mampu berkembang dengan baik pada media kering daripada lembab.

 

Daftar Harga Jual Pot Beton Semen

Kami cantumkan daftar harga pada tabel ini. Memberikan contoh harga pot buatan Karena terbatasnya ruang, maka kami hanya dapat menuiskan sedikit keterangan saja. Tetapi konsumen dapat mengetahui lnformasi tentang harga nya jika menghubungi kami langsung. Menanyakan dan meminta contoh photo kami miliki.

Untuk penjualan dalam negeri, permintaan paling banyak biasanya datang dari instansi pemerintah. Proyek pengadaan media untuk wadah bunga untuk melengkapi keindahan ruang publik atau taman adalah angin segar bagi para penjual atau pengrajin. Sebab, bisa dipastikan nilai transaksinya besar.  Memilih harga pot Beton semen memang harus lebih teliti,

Disarankan untuk ruang publik yang volume pengunjungnya ramai. Hal dimaksud untuk mengurangi risiko dicuri oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Memiliki bobot lebih berat daripada pot fiber atau plastik. Di satu sisi bobot berat tersebut menjadi kelemahan, namun di sisi lain malah menguntungkan. Sebab, bila ditempatkan di luar ruangan dan sulit dipantau 24 jam penuh, maka ini tidak mudah dicuri oleh orang-orang tak bertanggung jawab

error: Content is protected !!