Harga Jual Pot Fiber

Dekorasi cantik dengan menggunakan pot bahan fiber resin. Jika biasanya pot tanaman terbuat dari material semen, tanah liat, plastik,  keramik, atau besi. Maka beberapa tahun terakhir masyarakat disuguhkan dengan sesuatu yang baru. Yakni pot yang terbuat dari bahan fiber resin. Memang tengah naik daun di era masa kini. Lantas bagaimana sesungguhnya pot tersebut ?  Dan berapa harga jual pot fiber resin ini ?  Simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan penjelasan detailnya.

 

Pot Fiber

 

Pot atau vas bukanlah benda asing yang di telinga kita. Benda ini mudah sekali ditemukan hampir di setiap rumah, kantor, hotel, gedung serbaguna, sekolah, rumah sakit, dan sebagainya. Secara umum digunakan sebagai wadah bercocok tanam, seperti bunga maupun tanaman herbal. Namun terkadang orang menggunakannya sebagai pelengkap dekorasi interior maupun eksterior. Dengan cara menempatkan tanaman artificial di dalamnya atau menambahkan lampu-lampu kecil sebagai pemanis.  Pot dibuat dengan bentuk beraneka rupa. Begitu pula dengan dimensi serta materialnya.

 

Harga Pot Fiber

 

Jual Pot Fiber

 

 

       Harga Pot Fiber Resin

 

 

Sesuai namanya, pot tanaman hias ini menggunakan fiber glass sebagai material utama dalam pembuatannya. Fiber glass sendiri merupakan kaca cair yang ditarik hingga membentuk serat-serat panjang yang tipis. Nantinya, serat-serat tersebut dapat diolah sedemikian rupa menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna, seperti lem, kain, pelapis badan kendaraan, hiasan, dan sebagainya. Selain dinamakan fiber glass, material yang satu ini dikenal juga dengan sebutan resin. Dalam proses pembuatan pot resin, pengrajin membutuhkan beberapa bahan-bahan tambahan seperti katalis, fiber matt, talk, silicone rubber, dan pelapis anti lengket. Bahan-bahan tersebut tentunya memiliki fungsi masing-masing. Mari kita kenali produk pot resin fiber sesuai dengan fungsinya satu per satu:

 

  1.  Katalis = Katalis adalah bahan aktif yang berfungsi untuk mempercepat proses pengerasan fiber glass atau resin. Sebetulnya, fiber glass dapat mengeras sendiri secara alamiah. Hanya saja memakan lebih banyak waktu sehingga memperlambat proses produksi. Penambahan katalis juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Butuh takaran yang pas. Sebab jika takaran katalis yang digunakan terlalu sedikit atau kebanyakan, yang terjadi malah fiber glass jadi lama mengering. Jika takaran katalis pas, maka idealnya fiber glass akan mengering dalam waktu kurang dari 5 menit. Jadi, dibutuhkan eksperimen beberapa kali untuk mengetahui seberapa banyak takaran katalis yang paling pas. Bagi pengrajin pemula, disarankan tidak menambahkan katalis sekaligus dalam campuran fiber glass, melainkan mencoba sedikit demi sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana reaksinya.
  2.  Fiber Matt = Fiber matt turut disertakan dalam proses pembuatan pot resin fiber glass. Apa fungsi bahan yang satu ini? Yakni, sebagai pelapis anti pecah yang membuat fiber glass jadi lebih kokoh; tidak mudah pecah atau retak.
  3.  Talk = Nah, bahan tambahan yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Ibarat mendirikan sebuah bangunan, talk ini seperti halnya pasir, sedangkan  fiber glass adalah semennya. Mencampur talk dengan fiber glass dengan perbandingan setara 1:1, akan menghasilkan adonan yang lebih kokoh dan mudah dibentuk.
  4. Silicone Rubber = Untuk mendapatkan bentuk pot seperti yang diinginkan, maka kita membutuhkan cetakan yang dinamakan silicone rubber. Cetakan ini bersifat lentur karena terbuat dari bahan silicon rubber. Bukan hanya untuk pembuatan pot saja, dalam praktiknya cetakan silicon rubber juga berguna sebagai cetakan gypsum,clay, semen, dan sebagainya.
  5. Mold Release = Mold release merupakan bahan pelapis anti lengket yang diaplikasikan pada permukaan bagian dalam silicon rubber. Hal tersebut dimaksudkan agar hasil cetakan lebih mudah dikeluarkan dan mulus. Mold release mengingatkan kita pada minyak atau margarine yang dioleskan pada loyang kue agar kue tidak lengket setelah matang.

 

 

            Apakah Harga Jual Pot Fiber Resin Mahal ?

 

 

Tingginya harga jual pot dari bahan fiber dikarenakan sejumlah keunggulan yang dimilikinya. Jadi walaupun tergolong mahal, namun sebetulnya tidak rugi jika kita mampu membelinya. Sebuah inovasi pastinya menawarkan keunggulan di atas produk yang sudah ada sebelumnya. Begitu pula dengan apa disuguhkan pot berbahan fiber glass ini. Sekurang-kurangnya, ada beberapa keunggulan yang dapat kita rasakan selama pemakaian pot resin, antara lain:

 

  1. Lebih kokoh. Produk-produk olahan dari fiber glass, termasuk pot, tidak perlu diragukan ketahanannya. Apalagi bila dibandingkan dengan berbahan keramik yang jelas lebih rentan pecah. Dalam proses pembuatannya, pot resin fiber dibalut dengan bahan pelapis khusus yang menjadikannya tidak mudah pecah/retak dan tahan terhadap tekanan.
  2. Tahan di segala suhu. Juga teruji tahan terhadap perubahan suhu bagaimanapun tanpa membuat konstruksinya berubah atau warnanya memudar. Berbeda dengan produk berbahan plastik yang cenderung tidak tahan terhadap perubahan suhu. Paparan sinar matahari bukan hanya membuat warna plastik memudar, tapi juga membuat permukaannya mengelupas dan rapuh.
  3. Bobot ringan. Material fiber glass tidak menjadikan bobot suatu produk menjadi berat sehingga menyulitkan kita saat harus memindahkan. Begitu pula halnya dengan yang terbuat dari bahan tersebut.
  4. Tahan air. Perkembangbiakan tanaman tidak terlepas dari irigasi/pengairan yang baik. Karena itu, perlu kiranya memilih produk yang tidak mudah berkarat saat terkena air dalam intensitas tinggi. Salah satu yang direkomendasikan sebagai media anti karat tentunya adalah dari bahan ffiber glass.
  5. Tampilan lebih berkelas. Dari segi tampilan, memang lebih mencuri perhatian. Sebagai pot masa kini, sudah pasti modelnya lebih bervariasi dan mewah. Sehingga penggunaannya dapat menambah nilai dekoratif dari sebuah hunian atau gedung. Yang lebih menjadikannya istimewa, rata-rata pot  type fiber telah dilapisi cat pengkilap dan anti gores.

 

 

 Kelemahan Pot Resin Fiber

 

 

Tidak ada gading yang retak tampaknya menjadi peribahasa yang tepat untuk semua produk yang dihasilkan manusia. Walaupun tidak terlalu banyak, namun tetap saja pot resin fiber memiliki kekurangan. Dua di antaranya ialah:

 

  1. Harganya cenderung mahal. Harga pot fiber bisa dibilang mengimbangi keramik. Semakin mulus hasil cetakan dan apik modelnya, terang saja semakin tinggi harga yang ditawarkan. Tak ayal jika banyak yang berpikir dua kali untuk membelinya begitu tau harganya. Apalagi bagi mereka yang tidak terlalu mementingkan nilai seni dan estetika dekorasi.
  2. Permukaannya tidak bisa semulus bahan plastik. Kekurangan yang kedua dapat kita perhatikan dengan seksama pada permukaan yang jarang mulus 100%. Berbeda dengan plastik yang bisa terlihat lebih halus dan rata. Pot resin ibarat pot dari tanah liat dan semen yang tekstur permukaannya cukup kentara. Namun hal tersebut bisa disiasati apabila pengrajin memiliki keterampilan mengecat. Pengecatan yang sempurna dapat menyamarkan tekstur permukaan agar sehingga hasilnya tampak lebih halus.

 

 

            Untuk Dekorasi Interior Dan Eksterior

 

 

Mengingat konstruksinya yang kokoh, tidak ada batasan dimana pot ini harus ditempatkan. Bisa disesuaikan dengan harga pot resin fiber sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Tetapi sebagai referensi, berikut penempatan pot bahan fiber yang paling banyak diterapkan dalam dekorasi.

 

  1. Ruang tamu. Ruang tamu menjadi tempat utama dari sebuah rumah. Kalau di hotel kita menyebutnya lobi. Walau tak mutlak menjadi point of view, namun biasanya ruangan ini didandani istimewa. Sebab, sebagian besar tamu-tamu penting akan dijamu pada ruangan ini. Menempatkan 1-2 pot resin fiber glass berukuran sedang pada sudut-sudut ruangan sangat disarankan. Namun seimbangkan ukuran dengan luas ruangan. Jika ruangannya tidak terlalu luas, cukup tempatkan yang berukuran sedang dengan bunga hias yang juga tidak terlalu ramai atau besar.
  2. Ruang keluarga. Spot lain yang harus mendapat sentuhan dekorasi adalah ruangan keluarga. Pilihlah fiber glass dengan desain minimalis untuk menciptakan ruangan yang sederhana namun tetap cozy. Sudut ruangan selalu menjadi tempat yang paling pas untuk meletakkan pot cantik ini.
  3. Balkon/teras. Bukan hanya di dalam rumah, teras/balkon juga turut diperhatikan. Sebab, teras atau balkon merupakan wajah terdepan dari sebuah bangunan. Nilai estetika yang pertama kali tertangkap mata oleh orang lain tentu saja bermula dari teras/balkon. Menempatkan pada teras rumah dirasa cukup ideal. Tidak perlu berlebihan, sebab justru dapat menciptakan kesan yang terlalu ramai dan sempit.
  4. Toilet/kamar mandi. Siapa bilang toilet/kamar mandi tidak perlu dipercantik? Ruangan privat ini sering dianggap ruangan kotor. Padahal dengan sedikit sentuhan kreativitas, toilet/kamar mandi bisa terlihat lebih indah. Lihat saja bagaimana hotel bisa menjadikan kamar toilet/kamar mandi menjadi tempat yang nyaman untuk baca buku dan berias, bukan? Nah, tak ada salahnya menempatkan pot berukuran mini di dalamnya. Kita bisa meletakkannya di dekat meja wastafel atau di rak dinding. Jangan lupa, pastikan tanaman yang digunakan jenis yang tahan terhadap di ruangan lembab dan minim sinar matahari.

 

Terakhir, kita juga bisa memanfaatkan pot jenis fiber untuk menambah nilai estetika dari dekorasi ruangan pesta. Misalnya, di sekitar pelaminan pengantin atau foye menuju ruangan utama. Supaya lebih memukau, biasanya akan diberi hiasan berupa lampu-lampu kecil serta tanaman artificial. Informasi mengenai produk ini. dan informasi tentang harga jual pot fiber resin di tanyakan langsung ke Arimata Gallery. Demikian sedikit info ini semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.

error: Content is protected !!